3 Tips Beli dan Jual Genset Yanmar Bekas

jual genset yanmar

Seperti yang kita ketahui, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kebutuhan manusia pada listrik semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan aktifitas manusia yang membutuhkan listrik kian harinya kian bertambah. Maka dari itu, banyak orang yang sudah mempersiapkan sumber listrik cadangan untuk menunjang kebutuhan hariannya. Dengan adanya cadangan listrik tersebut, kita bisa menjadi lebih tenang untuk menjalankan berbagai macam aktifitas dan kegiatan kita yang membutuhkan listrik. Salah satu alat yang menjadi sumber cadangan listrik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari adalah genset. Genset sendiri memiliki dua macam tipe, yang pertama ada genset open dan yang kedua ada genset silent. Kita harus menyesuaikan tipe jenis genset tersebut dengan kebutuhan kita masing-masing. Selain dari jenisnya, hal lain yang arus kita perhatikan adalah merk gensetnya. Pilihlah genset dengan merk yang memang sudah terkenal akan kualitasnya. Salah satu merk yang unggul dan banyak digunakan di Indonesia adalah Yanmar. Soal kualitas, merk ini tidak usah diragukan lagi, Yanmar selalu meningkatkan kualitanya dari tahun ke tahun. Di Indonesia Sendiri, Jakarta adalahsalah satu kota yang menjadi distributorterbesar dalam penjualan genset dengan merk yang satu ini. Karena mesinnya yang terkenal kuat dan tahan lama, maka dari itu genset yang satu ini masih laris peminat meski dijual dalam kondisi bekas. Banyak orang yang memanfaatkan peluang dalam bisnis beli dan jual genset yanmar bekas ini. Jika anda ingin memanfaatkan peluang dan menjadi salah satu dari mereka, berikut 3 tips yang bisa anda terapkan.

  1. Pastikan riwayat pemakaian dari pemilik lama

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum mulai jual genset yanmar terbaik bekas adalah periksa riwayat pemekaian dari pemilik sebelumnya. Jika anda sudah menemukan genset bekas yang cocok, jangan ragu untuk menanyakan soal riwayat pemakaian kepada si pemilik tersebut. Anda harus memastikan berapa hal kepada pemlik seperti usia, bagaimana perawatan sebelumnya, dan cacat tapa saja yang ada pada genset Yanmar tersebut. Usia dari genset tersebut bisa anda ketahui juga dari melihat odometer yang ada pada genset yang akan anda beli. Odometer dapat menjadi indikasi waktu pemakaian dari genset tersebut. Anda juga jangan ragu untuk bertanya kepada si pemilik genset tentang untuk apa saja genset tersebut sehari-harinya dipakai. Karena dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa paham akan kualitas dan daya tahan genset Yanmar bekas yang akan kita beli. Anda juga wajib mengetahui tentang caca tapa saja yang terdapat pada genset tersebut selama masih menjadi milik pemiliknya. Pilihlah genset yang minim cacat karena pastinya hal tersebut dapat meningkatkan harga jual dari genset bekas anda.

  • Selalu pantau harga pasar

Setelah memastikan kondisi genset dari pemilik lama, anda juga wajib memperhatikan harga pasar genset pada tahun tersebut. Dengan mengetahui harga pasaran genset Yanmar sekarang, maka anda bisa membuat perhitungan harga jual dari genset bekas anda. Buatlah harga genset bekas anda sedikit lebih murah dari haga pasaran genset baru tersebut. Dengan begitu calon pembeli akan berfikir dua kali apakah ingin membeli genset yang baru ataukah membeli genset bekas dengan kualitas yang masih bagus dan layak pakai dalam beberapa tahun kedepan. Persaingan harga ini juga menjadi sangat penting mengingat anda harus mendapatkan untung dari bisnis jual beli genset Yanmar bekas.

  • Pastikan kelengkapan dokumen

Yang terakhir adalah anda harus memastikan kelengkapan dokumen dari pemilik genset sebelumnya. Kelengakpan dokumen yang perlu diketahui adalah buku panduan pemakaian, kartu garansi jika masih ada, dan juga rincian spesifikasi dari genset tersebut. Hal ini juga wajib dilakukan sebagai bukti jika genset yang dimiliki pemilik sebelumnya merupakan genset Yanmar asli dan bukan tiruan ataupun rakitan sendiri.

Begitulah penjelasan tentang 3 tips beli dan jual genset yanmar bekas. Semoga penjelasan artikel kali ini dapat memeberikan anda semua informasi soal bagaimana langkah langkah untuk menjadi penjual genset bekas. Semoga artikel kali ini juga dapat memberikan anda opsi dan pertimbangan dalam hal jual dan beli genset bekas sebelum mulai melakukannya.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *