Apa Itu Panel AMF ATS?

Pernah mendengar AMF dan ATS? Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing dengan panel tersebut. AMF dan ATS sering digunakan untuk melengkapi instalasi genset. AMF dan ATS memiliki fungsinya masing – masing. Keberadaannya dalam mesin genset menbuat genset lebih mudah dioperasikan. Kali ini kita akan membahas mengenai AMF dan juga ATS.

Apakah semua mesin genset menggunakan panel tersebut ketika beroperasi? Tentu saja tidak. Walaupun panel AMF dan ATS bisa ditemukan di dalam mesin genset namun tidak semua mesin genset menggunakan panel ini. Hanya genset – genset terbaru atau yang menggunakan kontrol digital saja yang menggunakan panel tersebut. Untuk memudahkan anda dalam memahami AMF dan ATS maka anda perlu mengenalinya lebih dalam.

AMF sendiri merupakan singkatan dari Automatic Main Failure. Kegunaan dari AMF terbilang sangat penting untuk mesin genset. AMF digunakan untuk menyalakan mesin genset secara otomatis ketika tiba – tiba listrik PLN mati. Hal ini membuat genset bisa dengan mudah dioperasikan.

Sedangkan ATS adalah singkatan dari Automatic Transfer Switch. Fungsi ATS adalah menyambungkan genset ke berbagai jaringan yang ada di gedung secara otomatis. ATS juga memiliki fungsi untuk mendeteksi listrik PLN. Ketika listrik PLN sudah menyala maka ATS akan membantu menggantikan beban dari genset dan diarahkan ke PLN. Proses yang dilakukan ATS maupun AMF adalah secara otomatis.

Itulah pengertian dari panel AMF ATS. Kedua hal ini memang saling berhubungan satu sama lain. Sama – sama memiliki peran penting disebuah mesin genset membuat AMF ATS semakin dikembangkan. Saat ini sudah banyak genset yang menggunakan sistem digital. Genset terbaru tentu menawarkan kualitas yang lebih unggul. Kemudahan dalam menggunakan genset yang memiliki panel tersebut membuat banyak pengguna yang penasaran untuk mencobanya. Seberapa pentingnya memiliki genset yang menggunakan panel tersebut? Ada alasan yang membuat orang penasaran dan ingin menggunakan panel tersebut.

Pada intinya panel AMF ATS terbaik memiliki peran yang memudahkan pengguna genset untuk mengoperasikan. Jika biasanya orang akan mulai menghidupkan mesin genset genset ketika listrik padam, namun berbeda dengan gensent yang menggunakan panel tersebut. Genset yang dilengkapi dengan panel tersebut akan lebih mudah dalam proses pergantian aliran listrik.

Ketika listrik PLN padam secara otomatis genset yang menggunakan panel tersebut akan mengganti aliran yang tersedia. Saat listrik PLN terputus maka aliran langsung dialihkan menuju genset. Secara otomatis genset bisa langsung digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik di berbagai ruangan. Tugas ini merupakan tugas dari AMF.

Lalu bagaimana ketika listrik PLN menyala? Ketika listrik sudah nyala maka ATS akan membantu proses penggantian aliran listrik tersebut. Ketika listrik PLN nyala maka secara otomatis ATS akan mengganti listrik dari genset menggunakan listrik PLN. Sehingga genset akan berhenti beroperasi. Tugas – tugas tersebut biasanya dilakukan secara manual oleh manusia. Biasanya orang harus berjaga – jaga ketika listrik nantinya mati. Namun dengan adanya panel AMF dan ATS tersebut tidak perlu berjaga – jaga ketika terjadi pemadaman.

Walaupun AMF dan ATS merupakan alat yang canggih. Namun tetap saja harus selalu diawasi dan dirawat dengan baik. Harus ada teknisi yang siap mengontrol kinerja dari AMF ATS agar bisa berfungsi dengan baik. Itulah penjelasan mengenai AMF dan ATS. Saat ini genset telah hadir menjadi mesin genset yang canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *