4 Kebiasaan Sepele Penyebab Kerusakan Pada Genset Diesel, Anda Wajib Tahu

Genset diesel merupakan salah satu jenis alat pembangkit listrik cadangan yang memegang peranan penting di kehidupan manusia. Alat ini dapat diandalkan, terutama ketika sumber listrik utama terputus mendadak. Namun karena kebiasaan sepele dari penggunanya, perlahan performanya menurun hingga tidak bisa digunakan. Berikut contoh kebiasaan buruk ketika menggunakan genset.

Kebiasan Sepele Penyebab Kerusakan Pada Genset

1. Jarang Memanaskan Mesin Genset

Bukan menjadi rahasia bahwa genset adalah alat yang akan dicari ketika terjadi pemadaman mendadak. Dengan kata lain, alat pembangkit listrik ini hanya dicari ketika dibutuhkan saja lalu sering terabaikan begitu permasalahan sudah berhasil dibereskan. Bahkan sebagian pemilik merasa bahwa memanaskan mesin genset secara rutin merupakan kesia siaan.

Namun tahukah Anda bahwa jarang memanaskan mesin genset adalah kebiasaan buruk yang dapat menurunkan performanya ? Hal ini dikarenakan aki terlalu lama tidak dialiri alternator. Bahkan oli perlahan mulai mengering sehingga tidak bisa mencegah adanya gesekan antar komponen. Jika sudah demikian, kerusakan genset diesel tidak bisa ditahan kembali.

2. Menyimpan Genset Sembarangan

Genset termasuk peralatan canggih yang cukup rentan mengalami kerusakan. Kerusakan pada genset dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya akibat kesalahan dalam penyimpanan. Usahakan untuk meletakkan genset di tempat yang kering dan terhindari dari tetesan air hujan ataupun sinar mentari secara langsung.

3. Menggunakan Genset Berlebihan

Kebiasan Sepele Penyebab Kerusakan Pada Genset

Menggunakan genset secara berlebih termasuk kebiasaan sepele yang sering diabaikan oleh sang pemiliknya. Jangan biarkan genset diesel beroperasi melebihi batas waktu, karena hal ini meningkatkan resiko kerusakan pada beberapa komponen mesinnya. Setiap genset memiliki batas waktu operasional, sehingga Anda harus mengetahuinya sebelum menggunakannya.

4. Lupa Mengisi Tangki Bahan Bakar

Jangan pernah biarkan tangki bahan bakar kosong ketika hendak menyalakan mesinnya, karena hal ini dapat menyebabkan komponen genset diesel aus. Sebelum terjadi kerusakan, Anda bisa menyediakan bahan bakar cadangan sebagai bentuk antisipasi. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan lupa tidak mengisi tangki bahan bakar.

Masyarakat menyadari pentingnya genset bagi kehidupannya. Namun disayangkan jika kesadaran untuk memilikinya, masih belum diimbangi dengan pentingnya memberikan perawatan agar mesinnya beroperasi optimal. Sebelum genset mengalami kerusakan fatal, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk seperti contoh di atas terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *