Ini Dia Rekomendasi Berbagai Macam Genset Rumah Tangga

Peristiwa mati listrik sudah sangat familiar bagi para penduduk Indonesia. Terlebih bagi mereka yang mendiami kota-kota besar dimana PLN sering sekali melakukan himbauan akan adanya pemadaman listrik bergilir karena suatu sebab tertentu. Tidakhanya himbauan, terkadang bahkan proses pemadaman listrik terjadi begitu aja tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Jikasudahbegini, masyarakat yang merasa dirugikan.

Salah satu yang merasakan dampak dari peristiwa ini adalah kalangan rumah tangga, dimana kebutuhan listrik selalu berjalan setiap harinya. Untukitu, para distributor genset selalu ramai dikunjungi para masyarakat dan berhasil menjual banyak genset rumah tangga sesuai permintaan para customer. Namun tahukah Anda jenis-jenis genset rumah tangga yang direkomendasikan untuk digunakan kalangan rumah tangga disaat aliran listrik utama sedang tidak tersedia? Dibawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai rekomendasi jenis-jenos genset rumah tangga yang dapat Anda pilih.

  1. Genset Bensin

Genset pertama sekaligus jenis genset yang paling banyak dicari untuk kebutuhan rumah tangga adalah genset bensin. Disebut genset bensin karena bahan bakar penggerak mesinya berupa bensin. Genset ini banyak dipilih karena memiliki kapasitas yang standar untuk kebutuhan listrik rumah tangga, yakni  berkisar di angka 10 kW, sangat cocok untuk tipe rumah dengan anggota keluarga 5-6 orang.

Harga genset bensin juga tidak terlalu mahal, walaupun yang kita tahu genset rumah tangga berarti genset silent, dimana harga genset silent sedniri cenderung mahal. Namun disbanding jenis genset rumah tangga lainnya, genet bensin tergolong cukup murah.

  1. Genset Gas

Genset gas mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga Anda karena pada kenyataannya genset ini tidak sepopuler genset bensin dan genset diesel. Genset yang memiliki bahan bakar berupagas LPG ini tergolong sebagai genset yang mahal karena Anda tidak perlu seaktif membeli bahan bakar untuk genset bensin. Genset gas cenderung lebih hemat bahan bakar, untuk itu harga gensetnya sendiri yang dipatok cukup mahal jika dibandingkan jenis genset lainnya.

  1. Genset Diesel

Genset diesel terkenal memiliki kapasitas yang tinggi mencapapi 2 juta watt. Walaupun demikian, genset ini tetap digolongkan sebagai genset rumah tangga karena memiliki angka kapasitas yang bervariasi mulai dari 5000 watt. Genset diesel termausk tipe genset yang hemat bahan bakar walau cenderung mengeluarkan bunyi bising ketika digunakan.

Anda sering menemui genset ini digunakan di acara-acara outdoor dimana sumber listrik tidak mudah ditemukan, seperti misalnya pasar malam, hajatan, pengajian dan lain-lain. Harga genset diesel cukup bervariatif tergantung dari jenis bahan bakar dan kapasita yantg dimliki.

  1. Genset Portable

Genset portable adalah genset yang bisa digunakan dimana-mana atau bisa dipindah-pindah. Ukurannya yang relative kecil menjadikan genset ini banyak dipilih untuk digunakan oleh mereka yang tinggal sendirian dengan tipe rumah 3060. Genset portable sangat praktis untuk digunakan.

  1. Genset Turbin

Pernahkah kalian mengujungi suatu wlayah dimana listrik belum teralrkan dengan baik sehingga masyarakatnya masih bergantung pada mesin pembangkit listrik tertentu?. Jikaiya, maka Anda dapat dnegan mudah menemukan jenis genset raksasa dengan kapasitas mencapai 2 juta watt  ini. Genset turbin termasuk genset rumah tangga karena penggunaannya  yang berorientasi pada kebutuhan listrik rumah tangga yang biasa terdapat di area-area terpencil dimana listrik PLN belum teralirkan. Secara bahu membahu, warganya membeli dan memelihara genset jenis ini untuk dinikmati Bersama satu wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *