Performa Yang Dimiliki Genset Diesel dan Genset Bensin

Keberadaan generator set atau kerap disebut genset saat ini sudah cukup mendominasi beberapa aktivitas dan kegiatan manusia sehari-hari. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan supply listrik semakin hari kian meningkat sehingga lebih banyak dibutuhkan mesin penambah daya listrik ataupun mesin yang digunakan sebagai power supply cadangan ketika arus listrik utama PLN sedang mengalami gangguan atau terputus sementara. Kemunculan genset mampu mengatasi kedua masalah kelistrikan yang sering muncul dalam kehidupan masyarakat tersebut sehingga penggunaannya cukup dominan pada saat ini, baik dalam lingkup rumah tangga sampai sektor penggerak ekonomi terbesar sekalipun. Terdapat berbagai jenis genset atau generator set yang biasa digunakan, mulai dari yang berkapasitas kecil sampai yang berkapasitas besar. Adapun jenis genset yang banyak digunakan ialah jenis genset diesel dan genset bensin. Oleh sebab itu, penting untuk kita ketahui mengenai performa masing-masing jenis genset yang sering digunakan tersebut, adapun beberapa hal di bawah ini ialah penjelasan kedua jenis genset tersebut:

  1. Genset diesel merupakan jenis mesin genset yang dijalankan dengan bahan bakar berupa solar, sedangkan genset bensin merupakan mesin genset yang dijalankan menggunakan bahan bakar bensin sama seperti namanya. Genset diesel mampu mengkonversi energi mekanik dalam proses pembakarannya. Disamping itu, jenis genset diesel juga tidak memiliki campuran udara di luar silinder yang pada umumnya berjumlah 2 sampai 16.
  2. Genset bensin merupakan salah satu jenis mesin genset yang digerakkan menggunakan bahan bahan bensin disertai proses awal berupa pembakaran yang dihasilkan dari supply listrik bertegangan tinggi. Berawal dari listrik tegangan tinggi inilah yang nantinya akan menimbulkan percikan atau bunga-bunga api kecil guna membakar bensin ketika mesin genset akan dinyalakan. Dengan demikian, tidak heran jika muncul percikan api kecil ketika menghidupkan genset bensin ini.

Berdasarkan performa kedua jenis genset diesel dan genset bensin yang telah disebutkan di atas bisa diketahui manakah genset yang sekiranya sesuai digunakan untuk keperlaun dan kebutuahn sehari-hari, mengingat kedua jenis bahan bakar yang digunakan genset tersebut termasuk mudah untuk ditemukan pada saat ini. Selain mudah untuk ditemukan, harga yang ditawarkan juga cukup murah dibandingkan beberapa jenis bahan bakar lainnya. Selanjutnya, mengenai kapasitas daya dan model yang ada dari kedua jenis genset tersebut juga cukup beragam, mulai dari kapasitas kecil, sedang sampai kapasitas terbesar sekalipun. Pada umumnya kapasitas kecil dan sedang digunakan dalan pemenuhan kebutuhan akan listrik rumahan sedangkan genset dengan ukuran daya besar biasa digunakan dalam sektor atau lembaga penggerak perekonomian besar seperti misalnya industri dan perkantoran serta beberapa instansi penyedia fasilitas layanan publik yang notabene kerap menggunakan listrik selama 24 jam nonstop.

Sedangkan bentuk atau model genset diesel terbaik ataupun genset bensin yang banyak tersedia di pasaran juga cukup bervariasi. Hal ini biasanya ditentukan berdasarkan besaran daya yang termuat di dalamnya. Seperti misalnya genset diesel dengan kapasitas daya rendah biasanya kerap dijumpai dalam bentuk yang kecil dan ringan, berbeda dengan genset dengan kapasitas tinggi yang memiliki bentuk besar. Adanya perbedaan bentuk antar tiap-tiap genset dengan ukuran watt yang berbeda mampu menandakan bahwa semakin besar kapasitas genset maka semakin besar pula komponen mesin yang dibutuhkan di dalamnya. Dengan demikian, tidak jarang dijumpai genset yang berada di dalam pabrik atau industri merupakan genset diesel ataupun bensin dengan ukuran yang sangat besar sehingga sulit untuk dipindahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *