Karakteristik Genset 3 Phase Yang Jarang Diketahui Masyarakat

Genset merupakan istilah yang kerap digunakan sebagai singkatan dari Generator Set. Mesin ini mampu membantu manusia dalam meringankan pekerjaan dan tugasnya sehari-hari, baik itu dalam skala kecil ataupun besar. Mesin genset mampu bekerja dengan cara menyalurkan gelombang elektromagnetik guna menghasilkan arus listrik sehingga dengan bantuan alat ini suplai arus listrik dan berbagai permasalahan mengenai gangguan arus listrik bisa diatasi dengan mudah. Seiring dengan berkembangnya teknologi, genset mulai bermunculan dengan karakteristik yang beragam seperti salah satunya yakni genset 3 phase terbaik yang dinilai banyak memiliki keunggulan dibandingkan jenis genset lainnya.

Sama seperti namanya, genset 3 phase terbaik memiliki 3 kabel keluaran. Dalam hal ini, setiap kabel atau phase kerap disimbolkan dengan huruf-huruf tertentu untuk memudahkan proses pemakaiannya. Adapun huruf yang digunakan dalam penamaan genset 3 phase ialah R, S dan T sehingga dari ketiga kabel tersebut memiliki nama yang berbeda. Ketiga kabel itu mampu menghasilkan daya keluaran sebesar 380 volt yang dihitung dari kabel yang berbeda-beda. Sedangkan selisih masing-masing daya keluaran yang dihasilkan genset 3 phase ini masih sama dengan beberapa jenis genset lainnya yakni kurang lebih mencapai 220 volt. Disamping itu, genset 3 phase juga mampu menghasilkan 3 jenis daya yang berbeda yakni daya aktif (KW), daya reaktif (Kvar) dan daya nyata (KVA).

Selain beberapa karakteristik tersebut, genset 3 phase pada dasarnya memiliki 4 kabel keluaran yang biasa disimbolkan dengan huruf R, S dan T seperti yang telah disebutkan sebelumnya dan ditambah kabel bermuatan netral yang kerap juga disimbolkan dengan huruf N. Terdapat perbedaan daya keluaran antara salah satu kabel keluaran yang dihitung dengan kabel netral karena besaran daya yang dikeluarkan hanya berjumlah 220 volt, berbeda dengan perhitungan antara kabel yang keduanya sama-sama tidak beraliran netral. Mengenai penggunaan genset 3 phase ini biasanya kerap dijumpai dalam jenis genset yang memiliki ukuran dan bentuk besar dan berdaya tinggi layaknya genset yang banyak digunakan dalam pabrik untuk membantu menjalankan mesin-meain produksi. Dengan demikian, jarang dijumpai genset 3 phase ditemui dalam penggunaan rumah tangga sehari-hari.